Aksesoris Perhiasan Wanita Tradisional di India

Perhiasan dan aksesoris India telah ada semenjak awal peradaban India, pada masa kuno perhiasan bukan hanya dinilai sebagai alat untuk memperindah namun juga mengandung nilai-nilai mistis tertentu, berikut adalah info mengenai aksesoris perhiasan wanita pada masa kuno yang tak hanya sebatas tas maupun sepatu wanita :

1. Sarpech
Perhiasan ini berasal dari daerah Rajasthan, terbuat dari potongan berlian dan taburan zamrud yang memanjang, aksesoris ini diletakkan di kepala wanita. Pada sebuah lukisan di Ajanta terlihat adanya ornamen kepala yang sama dan digunakan sebagai pengganti mahkota oleh wanita pada 2000 tahun yang lalu. Bagaimanapun Sarpech bermakna sebuah perhiasan di kepala yang dibuat oleh orang-orang India.

2. Kada
Kada terdiri dari sepasang perhiasan berupa gelang yang berasal dari Varanasi (Baranas). Bagian terdalam dari masing-masing kada dibalut dengan design floral yang terdiri dari lapisan halus berwarna pink, sedangkan bagian terluarnya terdiri dari potongan berlian dengan bagian akhir dari masing-masing kada dihiasi oleh gambar gajah yang kembar.

3. Vanki
Aksesoris perhiasan wanita India berikutnya yaitu Vanki atau gelang dari India Selatan ini didesain dengan potongan berlian mawar, batu rubi dan zamrud. Sebuah efek seperti gulungan ular terlihat dengan warna keemasan di bagian samping bawah. Dua ukiran burung beo mengarah ke atas dari vanki. Vanki merupakan aksesoris perhiasan perempuan yang diletakkan di bagian lengan, ada beberapa jenis dari perhiasan ini yang biasa disebut dengan bajuband atau bazuband digunakan di bagian India lainnya. Yang membuat vanki dari India Selatan ini unik adalah bentuknya yang seperti huruf V, dengan bentuk yang seperti ini maka akan muat di lengan wanita tanpa adanya rasa sakit dan terjepit.

4. Linga Padakka Muthu Malai
Perhiasan ini berasal dari Tamil Nadu, arti dari kata Linga Padakka Muthu Malai adalah sebuah kalung mutiara dengan anting-anting Lingam), barisan mutiara yang diakhiri dengan anting-anting yaitu Lingam yang merupakan simbol dari Dewa Siwa. Ada kepercayaan pada masa India kuno bahwa rangkaian mutiara dapat mencegah ketidakberuntungan dan nasib sial seseorang dan merupakan perhiasan favorit bagi para raja-raja India pada masa itu.

5. Nath
Nath merupakan perhiasan yang terletak di hidung wanita atau disebut juga dengan nose-ring. Yang terbuat dari berlian yang dirangkai seperti bentuk bunga. Penggunaannya biasanya dengan memadukan bersama busana pria atau wanita sesuai dengan keagamaan mereka. Ada beberapa jenis perhiasan yang diletakkan di bagian hidung dalam sejarah India kuno, ada yang terdiri dari satu batu yang membentuk cengkeh dan digunakan pada salah satu bagian hidung saja. Dalam beberapa abad belakangan perhiasan hidung telah menjadi perhiasan dan aksesoris utama wanita dalam upacara perkawinan, disamping itu sebagai penanda seseorang telah menikah, karena restu dari perkawinan disimbolkan melalui perhiasan nath tersebut.

Demikianlah informasi mengenai beberapa aksesoris perhiasan wanita yang ada pada masa India kuno, meskipun tradisional namun materi atau bahan dasar pembuatannya terdiri dari bahan-bahan yang sangat mahal. Semoga menambah pengetahuan anda.

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar