Kunci Manajemen SDM Yang Berkualitas

Manajemen SDM di dalam sebuah perusahaan memegang peranan sangat penting. Di sinilah berbagai hal yang menyangkut para SDM atau Sumber Daya Manusia di dalam perusahaan dilakukan. Mulai dari proses rekrutmen, pelatihan, hingga evaluasi karyawan yang ada, semua tanggung jawab dari departemen ini. Itulah sebabnya kenapa Anda harus mencari orang-orang yang tepat dalam mengisi posisi di dalamnya.

Anda sedang mencari orang untuk jabatan tersebut? Maka Anda perlu mengaplikasikan standar penyelesaian yang biasanya dilakukan petugas di Human Resource ini kepada mereka. Kedengarannya memang lucu, mencari petugas HR dengan standar buatan HR itu sendiri. Tapi ini strategi untuk memastikan standar yang Anda pakai sama ketatnya dengan di bagian lain. Anda tentu tak mau orang-orang HR Anda ternyata punya kompetensi di bawah job desk mereka, bukan?
Karena itulah, ketika menyeleksi orang untuk posisi di dalam manajemen SDM, Anda akan memerlukan orang yang memiliki skill berikut ini:

1. Organisasi
Anda membutuhkan orang dengan skill organisasi tinggi, yang bisa membagi waktu mereka dengan baik dan memastikan semua masalah yang timbul di dalam perusahaan mendapatkan perhatian dan solusi.

2. Multitask
Sehingga kandidat tersebut berarti juga harus bisa melakukan beberapa pekerjaan sekaligus, dari persoalan pribadi yang dihadapi karyawan, merancang pelatihan untuk karyawan baru, hingga mengatasi ketika ada konflik internal, semua dalam waktu bersamaan.

3. Berkomunikasi
Orang HR sendiri juga harus bisa mengkomunikasikan dirinya kepada karyawan di bawahnya, di atasnya, yang sejajar, kepada calon karyawan, secara individu atau kelompok, dan secara verbal atau tulisan.

4. Negosiasi
Kadang, solusi yang ada tak selalu bisa memuaskan semua pihak. Dalam posisi seperti ini, HR harus bisa menemukan jalan tengah yang bisa diterima mayoritas.

5. Mengatasi perubahan
Perusahaan selalu mengalami perubahan, baik itu secara struktur, sistem, visi misi, maupun orang-orang di dalamnya. Tugas HR adalah memastikan semua komponen di dalam perusahaan bisa menerimanya.

Dari skill di atas, itu berarti Anda akan membutuhkan seseorang yang:

? Mengerti tentang HR sedalam-dalamnya dan memiliki pengalaman yang cukup, terutama kalau dia akan menjadi pimpinan HR.
? Memiliki passion di dalam bidang ini, sehingga mau melakukan apa saja untuk bisa membuat perusahaan sukses.
? Memiliki kemampuan untuk mengerti teknologi dan belajar dengan cepat, apalagi sekarang ini sudah banyak software yang membantu HR.
? Pikiran yang analitis, untuk menganalisa masalah yang sering muncul di dalam perusahaan.

Serta tentu saja, Anda memerlukan orang di dalam manajemen SDM yang memiliki sikap yang baik, sportif terhadap para karyawan di dalamnya, dan mau memberikan umpan balik ketika diminta pendapatnya. Dengan adanya HR yang baik di dalam sebuah perusahaan, maka tingkat kepuasan kerja karyawan akan lebih tinggi, mereka lebih sejahtera, dan mampu melaksanakan pekerjaannya dengan lebih efisien. Untuk memudahkan Anda dalam menangani manajemen SDM, kini Anda bisa menggunakan software hr gratis & payroll system Indonesia gratis dari Sleekr untuk perusahaan model UKM dengan jumlah karyawan dibawah 25 orang.

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar