Tips Menentukan Pilihan Barang Agar Jualan Online Laris Manis

Beberapa tahun belakangan ini jualan online memang tengah menjadi trend di kalangan pada pelaku bisnis, bukan hanya mereka yang sudah ahli dalam menjalankan sebuah usaha saja, melainkan juga yang masih pemula atau dalam tahapan belajar. Keberadaan internet menciptakan peluang bisnis yang begitu besar di tengah-tengah masyarakat. Anda bisa secara leluasa berhubungan dengan orang lain tanpa batasan waktu dan juga tempat. Bahkan menawarkan berbagai macam barang secara mudah hanya dengan memanfaatkan sarana teknologi yang dimiliki.

Banyak para pelaku bisnis online yang faktanya hanya mengandalkan smartphone, perangkat yang digunakan untuk berhubungan dan melakukan serangkaian kegiatan transaksi mereka. bahkan tak jarang pula perusahaan yang justru membuka sebuah raungan uang untuk menjalankan sebuah bisnis bagi siapa saja secara luas dan juga gratis. Inilah yang kemudian mendorong munculnya berbagai sektor penjualan via online. Ada banyak peluang yang bisa Anda manfaatkan disini. Mulai dengan tawarkan jasa, hingga jualan berbagai macam produk.

Namun agaknya sebelum memilih jenis barang apa yang Anda dipasarkan secara online, untuk menghindari resiko kerugian, ketahui terlebih dahulu beberapa hal ini, diantaranya adalah:

Jualan online

Jualan online

  1. Pilihlah barang yang tidak mudah rusak untuk dijual, seperti yang diketahui bahwa sistem transaksi dari bisnis online adalah mengandalkan ponsel setelah produk dipesan oleh konsumen dan dibayar, nantinya penjual wajib mengirimkannya lewat beberapa jasa pengiriman barang. Barang yang rentan resiko rusak tentunya bukan hanya merugikan penjual saja, melainkan juga konsumen sendiri, pastinya akan banyak menimbulkan keluhan hingga tak ada yang mau membelinya, selain itu konsumen juga akan berpikir dua kali membeli barang mudah rusak secara online.
  2. Ingin jualan produk makanan, maka pilihlah yang tahan lama, seperti diantaranya kue kering yang dibungkus dalam toples dengan masa ketahanan lebih dari 1 bulan atau mungkin berbagai jenis cemilan kering. Namun hindari menjual produk sayur-sayuran yang mudah busuk atau mungkin menjual kue basah. Tak akan laku jika dipasarkan secara online.
  3. Perhatikan segmentasi Anda, menentukan barang yang akan dijual tentunya juga harus menyesuaikan dengan target Anda, misalnya saja dengan mengandalkan media sosial, dimana kebanyakan jaringan pertemanan Anda terbatas pada wanita dibandingkan dengan pria, ketahui apa yang paling mereka senangi, sehingga membuat peluang kesuksesan juga tinggi.
  4. Bagi pelaku bisnis online pemula, maka hati-hati jika ingin menjual barang dengan nilai yang tinggi, seperti diantaranya perangkat elektronik hingga gadget, juga barang branded lainnya, resiko kerusakan barang menyebabkan Anda harus menanggung kerugian dengan jumlah yang besar.

Anda juga bisa menggunakan trend, apa yang sedang populer saat ini maka bisa dijual secara online. Jualan online memang banyak saingannya, namun keunggulannya tidak membutuhkan modal besar.

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar